OPERASI PERKALIAN BILANGAN 9
MENGGUNAKAN METODE THE MOVE STAR
Syukur
Januari 2011
Asyiknya belajar operasi perkalian sembilan (9) dengan menggunakan metode The Move Star.
A.Persiapan
1.Siswa dibentuk regu, satu regu terdiri 12 orang (10 orang pemain, 1orang intruktur, 1 orang penebak)
2.Menyiapkan petak (10 petak) sebagai tempat bermain
. Petak tempat bermain
B.Kegiatan inti
1. Peserta menempatkan diri pada petak yang telah dipersiapkan
2. Intruktur dan penebak menempatkan diri
3. Kegiatan inti instruktur memberi aba-aba seperti berikut ini
Instruktur | Action Peserta | Penebak |
Perkalian dimulai ( 2 x 9 ) Hasil perkalian itu adalah.. | Peserta no 2 Jongkok yang lain tetap berdiri. | Menebak hasil oprerasi perkalian dengan cara menjumlah perserta yang berdiri di sebelah kanan dan kiri pesrta yang jongkok . Sebelah kiri jongkok bernilai puluhan, sebelah kanan yang jongkok bernilai satuan |
. “The Move Stara ction, satu! | Peserta pada petak satu maju satu langkah. | - |
“dua” | Peserta no 2 - 10 melangkah ke kanan satu kali sehingga petak no 10 kosong. | - |
“tiga” | Peserta no 1 menempati petak no 10 | - |
Perkalian dilanjutkan ( 3 x 9 ) Hasil perkalian itu adalah.. | Peserta no 3 Jongkok yang lain tetap berdiri. | Menebak hasil oprerasi perkalian dengan cara menjumlah perserta yang berdiri di sebelah kanan dan kiri pesrta yang jongkok . Sebelah kiri jongkok bernilai puluhan, sebelah kanan yang jongkok bernilai satuan |
. “The Move Star action, satu! | Peserta pada petak satu maju satu langkah. | - |
“dua” | Peserta no 2 - 10 melangkah ke kanan satu kali sehingga petak no 10 kosong. | - |
“tiga” | Peserta no 1 menempati petak no 10 | - |
Dan selanjutnya…… 3 x 9 – 9 x 9 |
Keterangan
Demikian tiap-tiap kali perkalian dengan aba yang sama yang membedakan hanya pada aba yang mengarah pada perkalian 9 berikutnya. Dengan aba the move star satu,dua tiga posisi peserta bergeser dari petak satu kepetak yang lain dan jika dilihat dari kejauhan seperti bintang berpindah (The Move Star)
C. Kegiatan Penutup
Tes formatif
Menganalisis hasil evaluasi
Kesimpulan kesan dan pesan
Menutup
Peragaan Perkalian 3 x 9
Siswa pada petak 3( Walajanah) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "3 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Relly Nabia R menempatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan 7 x 9
Siswa pada petak 7(Muhamad Chessa) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "7 x 9" Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu" Siswa pada petak 1(Veri Adi Aswara) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosongVeri Adi Aswara menempatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Berikut peragaan perkalian 2 x 9 - 7 x 9 oleh siswa-siswi kelas IV.B SD Negeri 1 Kaliwiro
Vina( posisi jongkok)
Siswa pada petak 2 jongkok siswa yang lain berdiri setelah menerima aba dari instrukutur (2x9)
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Siswa pada petak 2 jongkok siswa yang lain berdiri setelah menerima aba dari instrukutur (2x9)
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Anisa Nurmaulidina(maju selangkah)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"
Siswa pada petak 1 maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Anisa Nur Maulidina Tengah menenpatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan Perkalian 3 x 9
Siswa pada petak 3( Walajanah) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "3 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"
Siswa pada petak 1 maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Vina Nur Elisa menempatkan diri pada petak no 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
Siti Saroh menempatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan 5x9
Siswa pada petak 5(Jati Waluyo) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "5 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"Siswa pada petak 1(Dadik Prakoso) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosongDadik Prakoso menempatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan 6x9
Siswa pada petak 6 ( Narendra Fajar K)jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "6 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu" Siswa pada petak 1( Relly Nabia R) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Vina Nur Elisa menempatkan diri pada petak no 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan perkalian 4 x 9
Siswa pada petak 4 (Priska Febriana) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "4 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"
Siswa pada petak 1(Siti Saroh) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Peragaan perkalian 4 x 9
Siswa pada petak 4 (Priska Febriana) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "4 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"
Siswa pada petak 1(Siti Saroh) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Siti Saroh menempatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan 5x9
Siswa pada petak 5(Jati Waluyo) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "5 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu"Siswa pada petak 1(Dadik Prakoso) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan 6x9
Siswa pada petak 6 ( Narendra Fajar K)jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "6 x 9"
Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Setelah menerima aba " The Move Star action, satu" Siswa pada petak 1( Relly Nabia R) maju satu langkah
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Relly Nabia R menempatkan diri pada petak 10
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Peragaan 7 x 9
Siswa pada petak 7(Muhamad Chessa) jongkok yang lain berdiri setelah mendapat aba "7 x 9" Kemudian penebak menghitung hasil operasi perkalian yang digambarkan itu.(lihat kolom penebak)
Aba ke-2 "dua" siswa pada petak 2-10 geser satu petak ke kanan sehingga petak no 10 kosong
Aba ke -3 "tiga" siswa pada petak 1 menempati petak 10 yang kosong.
dilanjutkan pada operasi perkalian berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar