Kamis, 28 Juli 2011

FESTIFAL KARAWITAN


FESTIFAL KARAWITAN PELAJAR  DAN UMUM
KECAMATAN KALIWIRO
Selasa 26 Juli 2011
Oleh
SYUKUR,S.Pd



       Dalam rangka  HUT ke -66 Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari Jadi Wonosobo ke – 186 Panitia HUT RI Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo menggelar Festival Karawitan. Kegiatan itu dilaksanakan pagi tadi selasa 26 Juli 2011 bertempat  di halaman Kecamatan Kaliwiro dan dibuka secara resmi oleh Camat Kaliwiro ( Bapak Hemi Widanto,S.Sos, M. Si ). Selanjutnya Camat Kaliwiro  dalam sambutan pengarahannya mengharapkan agar kegiatan festifal  itu selalu diagendakan setiap tahun.
      Festifal diikuti 10 grup paguyuban Karawitan yang tediri dari  2 grup Karawitan Pelajar dan 8 grup karawitan Umum. Dari pelajar diikuti oleh peserta dari SD 1 Winongsari Kecamatan Kaliwiro dan  SMP 3 Kaliwiro.
 Siswa -siswa SD 1 Winongsari
Sementara dari grup umum diikuti  8  peserta paguyuban Karawitan yang terdiri dari :
1.Desa Kemiriombo
2.Desa Winongsari
3.Desa Kaliguwo
4.Desa Lamuk (2 grup)
5.Desa Ngasinan
6.Desa Tracap (2 grup)

 Grup Karawitan Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro
    Adapun gendhing - gendhing yang mereka  tampilkan sesuai dengan kemampunan masing masing grup Karawitan selengkapnaya seperti di bawah ini:
1.      SD 1 Winongsari menampilkan Pucung Sl 9 katerasaken Srepeg Banyumasan, Dolanan Goyang Semarang SL 9.
2.      SMP 3 Kaliwiro menampilkan Ketawang Tarupala Sl.9 dan Lanc.Gajah Pl.Br
3.      Desa Kemiriombo menampilkan Ketawang Sinom Wenikenya SL 9 dan Ldr Mudhatama, srepeg Sl 9
4.      Desa Winongsari menampilkan Ketawang Gandamastuti Pl 6 diteruskan  Ldr Ayun-ayun Pl 6 diselingi lagon Aja Lamis Pl.6
5.      Desa Kaliguwo menampilkan Bendrong Kulon Sl 9 Banyumasan diteruskan lagon Cocakrawa Sl. 9
6.      Desa Lamuk ( Syawal ) menampilkan Ldr Pangkur Sl 9 diteruskan Sinom Parijatha, Palaran, srepeg Mataraman Sl 9 Desa Lamuk  Gurp 2 menampilakan sama yang dengan grup 1 dari desa itu.
7.      Desa Ngasinan menampilkan  Ldr Asmaradana Sl.Manyura diteruskan Ilir-Ilir  dilanjutkan Kinanhti Padang bulan Sl Manyura
8.      Desa Tracap I  menampilkan Ldr Srikaloka Sl Manyura diterukan srepeg dan Palaran Pangkur
9.      Deaa Tracap 2 menampilkan  Tanjung gunung PL Br ditutup srepeg mataraman Pl Br dan suwuk srepeg  manyura mataraman laras Sl Manyura.
Menurut keputusan Dewan Yuri (Samingan S.Pd. Bambang Yuwono, Sudiro ) festifal Karawitan itu dimenangkan oleh  peserta dengan nomor  3 juara  satu dan peserta nomor undi 9 juara 2 ( Tracap 1 dan Tracap 2).
Dan pada malam harinya  dilanjutkan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk  lakon BIMA MURCA  dengan dalang KI Purbadi dari Winongsari dan Ki Joko Saptoto dari Gumelar Wadaslintang.
 Ki Purbadi dan Ki Joko Saptoto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar