Selasa, 30 Agustus 2011

JALIN ATASI KESULITAN MENGHITUNG

OPERASI PEMBAGIAN HASILNYA 6-9
MENGGUNAKAN JALIN
UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Oleh
SYUKUR,S.Pd
Persoalan yang tak kalah pelik yang selalu dihadapi siswa kelas IV Sekolah Dasar salah satunya adalah mengerjakan soal yang bernuansa pembagian. Hal ini terbukti bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal pembagian adalah rendahnya nilai prestasi para siswa itu sendiri. Nah jika siswa- siswi anda juga demikian inilah solusi yang diduga dapat mengatasi permasalahan ini.

Coba atasi dengan metoda “Jalin” apa dan bagaimana metoda ini berikut penjelasan secara rinci.
A. Pengertian
Jalin adalah akronim dari kata “jari” dan “lintingan”. Jari adalah ke sepuluh jari kita yang dikonfersi menjadi lambang angka 6 – 9. Sementara lintingan adalah kertas digunting berbentuk persegi panjang dan berisi soal pembagian yang hasilnya antara 6-9 ( kertas lintingan untuk kegiatan arisan).
B. Syarat
1. Siswa sudah terampil mengkonfersi angka 6-9 ke bentuk jari yang berdiri dan tertunduk/melambangkan angka-angka itu.
2. Siswa mengetahui nilai jari yang berdiri( 10/ jari yang berdiri) dan nilai jari yang tertunduk (1/jari tertunduk)

C. Alat
Alat yang diperlukan adalah
1. Jari-jari siswa
2. Kertas lintingan berisi soal pembagian hasilnya 6-9.
3. Lembar kerja
D.Langkah-langkah
1. Persiapkan alat yang diperlukan
2. Bentuk kelompok (per kelompok 2 orang)
3. Bermain/action
- Musyawarah menentukan berapa kali putaran dalam permainan ini (4 kali /6 kali )
- Tos untuk menentukan siapa yang harus mengambil lintingan terlebih dahulu.
- Pengambil lintingan membacakan soal itu
- Pemain yang lain menghitung hasil operasi itu
- Hasil ditulis dalam lembar kerja yang telah disediakan/dibuat dua kolom.
Kegiatan di atas adalah putaran pertama selanjutnya pada putaran berikutnya giliran teman yang menghitung mengambil lintingan dan membacakan soal, yang lain ganti menghitung hasilnya.
Contoh cara menghitung
63 : 7 = …
Mula-mula siswa mengganti angka 7 menjadi jari (ibu jari dan jari telunjuk berdiri, ketiga jari yang lain tertunduk). Artinya jari yang berdiri ada dua dan nilainya 20 padahal kita butuh 60 jadi kurang 40. Kekurangan itu kita lengkapi dengan jari tangan yang lain. Sehingga pada soal ini butuh 4 jari yang berdiri. 4 jari melambangkan angka 9. Jadi jawabnya adalah 9.
- Pada akhir permainan hasil masing-masing dikalkulasi yang menang adalah yang hasilnya lebih banyak.

Berikut adalah gambar siswa- siswi kelsas IV.B SD Negeri 1 Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo pada permaian menentukan hasil pembagian yang hasilnya 6-9 menggunakan “Jalin”.
 Azzura tengah menghitung hasil operasi pembagian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar