Jumat, 03 Juni 2011

PEMBELAJARAN MODEL ARISAN


BELAJAR MENENTUKAN HUBUNGAN ANTAR SATUAN PANJANG
 MENGGUNAKAN MODEL ARISAN
Syukur, S.Pd
     Salah satu kegiatan faforit  yang  dilakukan oleh kelompok ibu – ibu atau komunitas putri adalah “arisan”. Kegiatan yang diperkirakan telah dilakukan oleh kaum hawa ratusan tahun yang lalu ini, hingga saat tulisan ini disusunpun masih  dilakukan oleh kelompok ibu-ibu istri pegawai  baik negeri maupun swasta. Memperkuat paparan ini berikut pendapat Ibu Djumirah (59 Tahun) dan saat ini ia masih mengikuti kegiatan arisan tersebut. Selanjutnya Ibu guru yang setahun lagi memasuki masa pensiun ini menjelaskan bahwa ketika ia masih kecil ia melihat orang tuanya melakukan kegiatan arisan.
    Apa dan ada apa  si Arisan?
    Devinisi arisan menurut kamus Bahasa Indonesia adalah kegiatan mengumpulkan uang atau barang yg bernilai sama oleh beberapa orang kemudian diundi di antara mereka untuk menentukan siapa yg memperolehnya, undian dilaksanakan dl sebuah pertemuan secara berkala sampai semua anggota memperolehnya (www.KamusBahasaIndonesia.org). Itulah arisan suatu kegiatan yang mempunyai daya tarik super dahsyat sehingga  kegiatan ini pasti dan pasti terlaksana sesui jadwal yang telah ditentukan peserta arisan sebelumnya.
     Ada semacam kesan bahwa arisan mampu menyedot perhatian peserta arisan itu sendiri terutama saat  undian dilaksanakan. Pada saat itu semua mata peserta arisan  terfokus pada selinting kertas bertuliskan nama peserta yang jatuh atau keluar dari sarang persembunyiannya. Nah berangkat dari  moment inilah  ada yang dapat kita manfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar. Yakni agar siswa terfokus pada materi pembelajaran yang tengah dipelajari dalam kegiatan belajar mengajar.
     Materi apakah yang dapat menggunakan model arisan ?
     Dalam tulisan ini materi yang dibahas adalah  operasi pengerjaan antar satuan panjang ( mm – km). Materi ini melekat pada Geometri dan Pengukuran,Standar Kompetensi  No 3 Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah. Kompetensi Dasar No 3.2 Menentukan hubungan antar satuan waktu, anatar satuan panjang, dan antar satuan berat, kelas IV SD/MI semester 2 (Permendikna No 22 Tahun 2006 Tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Menengah).
     Berikut adalah gambaran pelaksanaan pembelajaran menentukan antar satuan panjang pada kelas IV.B SD Negeri 1 Kaliwiro Kecamatan Kaliwiro Kabupten Wonosobo. Hal yang terkait dengan pembelajaran itu adalah alat pembelajaran, persiapan kegitan awal dan langkah-langkah pembelajaran.
1.Alat Pelajaran
   a. Lembar kerja siswa
   b. Kertas lintingan/gulungan bertuliskan angka (1- 9)
   c. Kertas lintingan/gulungan bertuliskan satuan panjang (mm,cm,dm,m,dam,hm,km)
   d. Tangga satuan panjang

2. Langkah-langkah
   a. Siswa dibentuk kelompok minimal 2 orang satu kelompok
   b. Tos untuk menentukan pemain yang main lebih dahulu
   c. Kegiatan inti
       * mula –mula mengambil kertas lintingan yang bertuliskan angka.
       * mengambil lintingan yang bertuliskan nama satuan panjang
          Kemudian tulis
         Contoh :
         Ambil  I   angka “ 7” ( misalnya)
         Ambil  II tulisan  “hm” ( misalnya)
         Kemudian ditulis pada lembar kerja 7 hm =…
       * mengambil lintingan yang bertuliskan nama satuan panjang lainnya.
          Umpama    “m” maka ditulis menjadi   7 hm = …m
·         Menghitung
Demikian dilaksanakan sedikitnya lima kali  dalam satu kegiatan permainan.
3. Penutup
    Siswa mengerjakan tes formatif dengan materi tersebut.
    Guru menganalisis hasil evaluasi
 KRISNA DAN ARGA
 Musafa .W ( membuka lintingan) dan  Dwi Wahyu Surono
    Farhan ( mengambil undian) Chessa mengamati
 Narendra & Dadik Prakoso
 Shofia Khoirunnisa dan  Walajanah Resezana  melakukan tos



Tidak ada komentar:

Posting Komentar