Sabtu, 14 Mei 2011

Kalianget Wadaslintang


EMAS BENING WADASLINTANG
Oleh
SYUKUR, S.Pd
     Wonosobo  (120 km dari Semarang ) merupakan  salah satu kota tertinggi di Jawa Tengah. Keindahan alamnya  terkenal  ke manca negara terutama dataran tinggi Dieng (2000 m dpl )  berada di Kecamatan Kejajar. Sementara wilayah Wonosobo
bagian selatan/wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Kebumen kondisi alamnya berbukit-berbukit. Sebut saja Kecamatan Wadaslintang (37 km dari Wonosobo). Kecamatan paling selatan dan ketinggian 275 meter di atas Permukaan Laut terdiri dari 16 desa 1 kelurahan, 68 dusun, 120 RW dan 432 RT ini menyimpan kekayaan alam  yang tak lapuk dimakan jaman.(Wonosobo yang Aku Banggakan Halm 13)
Peta Kec Wadaslintang (Bk Wonosobo Yang Aku Banggakan)

     Tepat  di Dusun Kalianget, Desa Somogede Wadaslintang inilah  mengalir emas bening nan bermanfaat. Betapa tidak kini  sumber air panas Kalianget telah dimanfaatkan sebagai obyek wisata  mandi terapi. Selanjutnya menurut keterangan salah satu petugas penjual karcis (Awaludin  48 th) setiap hari pemandian ini  dikunjungi sedikitnya 50 orang dan berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Wonosobo. Untuk mengunjungi Pemandian Kalianget ini dari Jalan Raya Wonosobo-Kebumen sampai di KM 37 dari Wonosobo di jalan masuk dari pertigaan Topas Kelurahan Wadaslintang turun melalui jalan yang berkelok menuju Kalianget (kurang lebih 3,5 (baca: Tiga Setengah) Km). setelah jalan diperbaiki dengan aspal hotmix pengunjung meningkat drastis dari 50 orang per hari menjadi 100 orang per hari.
 Pertigaan Topaz Turun menuju Kalianget

di sini Lurus saja ke Parkiran Motor
Kalau ke kiri menuju Desa lancar, bisa juga ke Kebumen

 Jalan Masuk keluar ke Jalan raya

 Kamar mandi 1, 2, 3,  ada juga 2 kamar mandi khusus Wanita
 air pancuran yang cukup panas dan bak mandi air panas di k.m. 1.

 Awaludin (47 Th ) Petugas pemandian Kalianget Wadaslintang

Mandi Terapi
     Konon menurut keterangan  salah seorang petugas /juru kunci Bapak Soiman (Alm) air panas kalianget Wadaslintang bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit kulit, pegal –pegal /linu masuk angin dan struk. Saat tulisan ini disusun ada salah seorang penderita  struk  yang tengah menjalani terapi mandi. Selanjutnya dijelaskan  oleh Awaludin bahwa  orang itu kini berangsur sembuh. Konsdisi airnya  panas dan bening kadar belerangnya rendah. Bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mandi terapi berkunjunglah  ke obyek wisata ini. Dari arah Wonosobo ke selatan hanya 42 Km. Dan anda yang berasal dari DIY dan sekitarnya masuk lewat pertigaan Prembun ke arah Wadaslintang 33 km. Kondisi jalan cukup baik berkelok kelok tapi tidak membahayakan.
 Kamar No 3 airnya bening dan panas

Sisi lain Pemandian Kalianget Wadaslintang
Dari depan pintu kamar 3

      Lokasi wisata lain yang tak kalah menariknya di Kecamatan Wadaslintang adalah waduk Wadalintang yang dimanfaatkan  sebagai PLTA dan pengairan untukwilayah Kebumen dan Purworejo.
     Adalah sebuah harapan  semoga masyarakat Wadaslintang  mampu dan mau memelihara anugrah Tuhan   berupa emas bening nan bermanfaat itu.  Sehingga dikemudian hari masyarakat sekitarpun  bisa memetik himahnya.
Amin.

1 komentar:

  1. Saya cucunya alm bah saiman pakde saya bernama sumbar saya tinggal di bogor kata orang tua saya namanya saiman bukan soiman

    BalasHapus