Minggu, 01 Januari 2012

MENYUSUN BUTIR SOAL


Teknik Menulis Butir Soal
SYUKUR, S.Pd
      Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. (Pasal 1 ayat 1 Undang –undang  Guru dan Dosen). Pasal itu mengisayaratkan bahwa  salah satu tugas guru adalah mengevaluasi peserta didik. Untuk mengevaluasi peserta didik dengan baik dan benar maka  guru  harus mampu menyusun butir soal  sendiri. Karena hal itu selalu terkait ketika guru  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
      Nah  bagaimana jika kita belum bisa menyusun soal sendiri ? Langkah apa yang mesti kita tempuh?.Terhadap dua pertanyaan tadi solusi yang paling dekat dan  dapat kita laksanakan adalah mengcopy paste soal – soal  dari media internet dan atau media yang lain. Namun perlu diketahui bahwa butir-butir soal hasil copy paste itu belum tentu senada dengan hal yang akan kita evaluasi. Kedua hal itu menunjukkan pasifnya  kreatifitas seorang pendidik profesional.
   
      Anda ingin bisa menyusun  butir- butir soal yang baik dan sesuai kisi-kisi ? Atau anda ingin bertahan pada  posisi  yang berpredikat  sebagai pengcopy paste soal- soal ulangan ? Bagi anda yang ingin bisa menyusun soal-soal hal yang harus anda  tempuh adalah belajar dan belajar menyusun soal yang berbasis kisi-kisi. Selanjutnya  anda mencari tahu teknik menyusun soal baik dari teman seprofesi maupun dari orang yang dianggap bisa menjadi penuntun anda dalam menyusun butir soal dan atau mencari dari  media internet.
      
       Dan berikut adalah  hal yang mungkin bisa menuntun anda dalam menyusun butir soal selengkapnya seperti uraian di bawah ini;
Menyusun butir soal sebanyak 50 butir  dan bentuk pilihan ganda
1.Syarat
   Kisi-kisi untuk soal yang akan kita susun  harus sudah tersedia.
   Mempunyai minat kuat untuk bisa menyusun  suatu butir soal.
  
2. Langkah- langkah
    - membuat peta persebaran kunci jawaban
      Contoh :
                   Soal NO 1 jawaban  yang kita kehendaki pada pilihan B misalnya demikain selanjutnya sampai no 50 persebaran jawaban A, B, C, D harus simbang dan  sporadis tidak mengelompok.
    - Menulis arahan untuk butir soal yang kita susun berdasarkan kisi-kisi dan menulis alternatif jawaban yang  telah kita susun persebaranya.
    - Menyusu butir soal itu sendiri.

Contoh ;
Mengembangkan kisi menjadi butir soal.
Langkah 1 Pastikan kisi-kisi telah tersedia kemudian  memetakan  persebaran A,B,C,D  pada kunci jawaban.
                   No  1. C             5  B        9 . B
                          2. D             6. A       10.  A
      3. A              7. C                  dsb
      4. D             8. D
 Langkah 2     Menulis arahan untuk butir soal  No…yang kita susun berdasarkan kisi-kisi dan  menulis    alternatif jawaban yang  telah kita susun persebaranya.
                          Contoh :
                          kisi-kisi (disajikan paragraph yang terdiri 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utama)
                           Kalimat arahan untuk kisi di atas adalah   9. menyiapkan paragrap siswa  menentukan kalimat utama (B)
                           Keterangan :  9  adalah urutan  nomor soal
                                                   (B) adalah option jawaban yang benar pada B
Langkah 3 menyusun soal
Kalimat arahan seperti pada langkah 2 kita kembangkan menjadi butir soal yang kita harapkan sehingga  dari langkah itu tersusun soal seperti di bawah ini.

Bacalah  paragraph di bawah ini   untuk soal No 9!
Peristiwa nan mengerikan itu ia ceritakan kepada kedua orang tuanya. Menurut orang pandai botol berisi minyak itu adalah sejenis obat yang dapat menyembuhkan penyakit. Baru saja selesai bercerita tetangga dekatnya terkena sabetan parang dan lukanya parah. Dengan Ijin Allah Sarman mencoba mengobati dengan cara mengusap luka. Dan konon lukanya sembuh seperti sedia kala. Dari peristiwa menolong tetangganya itu sarman kini  menjadi tabib yang  tersohor.(sumber : alenia terakhir cerita Penggembala menjadi tabib karya Syukur,S.Pd)
9. Kalimat utama paragrap di atas adalah…
      A. Dari peristiwa menolong tetangganya itu sarman kini  menjadi tabib yang  tersohor
      B. Peristiwa nan mengerikan itu ia ceritakan kepada kedua orang tuanya.
      C.Menurut orang pandai botol berisi minyak itu adalah sejenis obat yang dapat  menyembuhkan penyakit.
      D. Baru saja selesai bercerita tetangga dekatnya terkena sabetan parang dan lukanya parah.

Penjelasan
Soal no 9  ada paragarap 4 kalimat dan jawaban yang benar adalah   B
     Menutup uraian ini  dapat disimpulkan bahwa untuk menyusun butir soal diperlukan  kisi-kisi serta tekat yang kuat dan mengetahui teknik penyusun soal yang benar. Anda ingin mecoba menulis butir soal dari kisi- kisi cabalah pasti bisa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar