Selasa, 21 Januari 2014

KARTON BEKAS KEMASAN DAN PENGGARIS MENJADI KALKULATOR HANDAL

KARTON BEKAS KEMASAN DAN PENGGARIS
MENJADI KALKULATOR HANDAL
(teknologi sederhana namun tepat guna)
Oleh SYUKUR, S.Pd

      Adik – adik murid  sekolah dasar kelas I dan II,III dan IV  mungkin   kalian mengalami kesulitan  pada saat menjumlah dua bilangan satu angka dan kedua angka tersebut lebih besar dari pada 5 (lima).  Mengapa demikian ?, mungkin kalian belum memahami cara yang baik untuk melakukan  operasi penjumlahan  dua bilangan satu angka yang hasilnya lebih dari 10. Jika demikian jangan takut kalian pasti bisa.
     Ya pasti bisa karena untuk  memudahkan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan dasar   kalian bisa menggunakan alat. Dan alat itu tidak harus mahal harganya, alat yang sederhanapun bisa digunakan dan hasilnya okey, lo…Nah.. apakah kalian ingin tahu ..? baiklah berikut ini akan saya tuntun kalian untuk membuat alat itu  dan sebut saja “ KALKULATOR HANDAL” walau hanya dari karton bekas kemasan dan pengggaris.
     Inilah alat dan cara membuat serta cara menggunakan alat itu
1.      Sediakan alat ( karton bekas kemasan apa saja, penggaris, lem ) lihat Gamb 1
2.      Guntinglah karton bekas kemasan tadi  dalam bentuk persegi panjang (secukupnya)
3.      Lilitkan pada penggaris yang sudah dipersiapkan .lihat Gambar  2
4.      Buatlah lubang /semacam jendela tepat pada angka penggaris.  (Lihat Gambar 3)
5.      Rekatkan dengan lem karton tadi agar tetap melilit dan usahakan bisa digeser geser (lihat Gambar 4)
6.      Dan alat siap digunakan ( lihat Gambar 5)

      Agar jelas perhatikan gambar – gambar berikut ini




Keterangan
Alat yang telah kalian buat bisa digunakan untuk
  1. Operasi penjumlahan  satu angka tambah satu angka yang hasilnya lebih dari 10
  2. Operasi penjumlahan  dua angka tambah dua angka yang hasilnya  maksimal 30.
  3. Operasi pengurangan dua angka ( maksimal 30 ) dikurangi satu angka/dua angka  dan hasilnya satu angka/du angka.
Untuk  operasi penjumlahan caranya adalah  tinggal menggeser penggaris yang terlilit kertas karton berjendela tadi  ke kiri beberapa langkah, perhatikan contoh
Contoh : 1
                 7 + 6 =… maka  geser karton berjendela yang melilit penggaris tadi hingga terlihat angka  “7”,  kemudian geser penggaris ke kiri sebanyak  enam langkah, dan berhenti pada hitungan ke -6. Maka akan terlihat angkanya  “13”
Untuk operasi pengurangan caranya adalah tinggal menggeser penggaris yang terlilit  kertas karton berjendela tadi  ke kanan beberapa langkah, perhatikan contoh
Contoh : 2
                 13 – 7 =… maka  geser karton berjendela yang melilit penggaris tadi hingga terlihat angka  “13”,  kemudian geser penggaris ke kanan sebanyak  tujuh langkah, dan berhenti pada hitungan ke -7 Maka akan terlihat angkanya   “6”
Selamat mencoba jika belum  bisa mintalah Ibu Bapak Guru kalian untuk mengajarinya.Semoga alat ini benar-benar dapat membantu kalian.

Agar jelas bagaimana cara menggunakan  kalkulator yang telah kalian buat  perhatikan gambar kakak kakakmu dalam memperagakan  alat itu!




Testimoni
Nafi Abdillah :  “saya senang setelah membuat alat yang terbuat dari penggaris dan karton menjadi kalkulatror. Berarti alat itu seperti kalkulator yang bisa untuk mengerjakan soal matematika. Saya jadi senang karena ada alat itu”.
Prasasti Lintang  Wengi : “Semenjak saya menggunakan alat ini ( kalkulator dari penggaris) menghitungpun lebih mudah. Karena alat itu praktis dan mudah digunakanya.Teman teman alat itu okey  lo…. buktinya aku lebih pintar”.

Nanda Afrizal Ramatdani : “ Alat sperti kalkulator ini terbuat dari penggaris dan karton.Setelah saya menggunakan alat ini, saya jadi lebih mudah mengerjakan soal matematika.Berarti alat ini bisa untuk mengerjakan soal matematika”

1 komentar: