MENGERJAKAN SOAL PERBANDINGAN DERAJAT
CELCIUS, REAMUR DAN FARENTHET
Satu masalah lagi bagi siswa kelas V sekolah dasar pada semester 10 ini ada hal yang menghantui mereka. Secuil masalah itu adalah terkait dengan operasi pengerjaan hitung perbandingan yang berhubungan dengan tiga skala thermometer. Menurut pengakuan sebagaian siswa yang berhasil penulis temui mengatakan bahwa kendala mengerjakan soal yang bernuansa itu adalah tidak hafal angka perbandingannya / C:R:F = 5 : 4: 9 (+32). Kedua pengerjaan operasi perkalian pecahan biasa kali bilangan utuh.
Nah bagaimana cara mengatasi agar siswa tak kesulitan dalam setiap kali mengerjakan soal cerita itu?
Pertama tanamkan konsep angka perbandingan 5 : 4: 9 (+32) dengan teknik nyanyian. Artinya angka perbandingan itu diubah menjadi lirik dan lagu seperti contoh di bawah ini.
Syair dibawah ini nyanyikan spserti kalian menyanyi Apuse
Syair dibawah ini nyanyikan spserti kalian menyanyi Apuse
Celcius angkanya lima
Reamur empat angkanya
Farenthet ya Sembilan plus tiga dua
Reff:
Itu angka perbandingan
Tiga macam pengukur panas
Ke dua tanamkan konsep perkalian pecahan biasa dengan bilangan utuh. Karena soal itu merupakan salah satu penerapan perkalian pecahan biasa dengan bilangan utuh. Agar benar benar tertanam konsep itu cobalah menggunakan alat peraga kartu kelipatan. Kartu angka dimaksud adalah kartu kelipatan 4, 5 dan 9 dan kartu angka yang lain seperti contoh di bawah ini.
Kartu Kelipatan 4
Kartu Kelipatan 5
Ketiga kita padukan kedua pendekatan ini dengan latihan menentukan derajat salah satu skala thermometer tertentu dan diketahui angka derajat thermometer yang lain, baik secara berkelompok maupun individual.
Simpulan
Untuk mengerjakan soal perbandingan skala thermometer pengetahuan yang harus dan atau wajib dimiliki anak/siswa adalah :
- Hafal angka perbandingan skala tiga thermometer(C : R: F).
- Menguasai perkalian /pembagian kelipatan 4, 5 dan 9.
- Menguasai teknik operasi perkalian pecahan biasa dengan bilangan utuh.
- Menguasai operasi penjumlahan dan pengurangan
Saran
Laksanakan Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar