Rabu, 30 Maret 2011

SOAL PERBANDINGAN DERAJAT C : R : F

MENGERJAKAN SOAL PERBANDINGAN DERAJAT
CELCIUS, REAMUR DAN FARENTHET
SIAPA TAKUT ?
SYUKUR, S.Pd

     Satu  masalah lagi bagi siswa  kelas V sekolah dasar pada semester 10 ini ada   hal yang menghantui mereka. Secuil masalah itu adalah terkait dengan  operasi pengerjaan hitung perbandingan  yang  berhubungan dengan tiga skala  thermometer. Menurut pengakuan sebagaian siswa yang berhasil penulis temui mengatakan bahwa kendala mengerjakan soal yang bernuansa itu adalah tidak hafal angka perbandingannya / C:R:F = 5 : 4: 9 (+32). Kedua pengerjaan operasi perkalian pecahan biasa  kali bilangan utuh.
    Nah bagaimana cara mengatasi agar siswa tak  kesulitan dalam setiap kali mengerjakan soal cerita itu?
Pertama  tanamkan konsep angka perbandingan  5 : 4: 9 (+32) dengan teknik nyanyian. Artinya angka perbandingan itu diubah menjadi lirik  dan lagu seperti contoh  di bawah ini.

Syair dibawah ini nyanyikan spserti kalian menyanyi Apuse

Celcius angkanya lima
Reamur empat angkanya
Farenthet ya Sembilan plus tiga dua
Reff:
Itu angka perbandingan
Tiga macam pengukur panas

Ke dua tanamkan konsep perkalian pecahan biasa dengan bilangan utuh. Karena soal itu  merupakan salah satu penerapan perkalian pecahan biasa dengan bilangan utuh. Agar benar  benar tertanam konsep itu cobalah menggunakan alat peraga kartu kelipatan. Kartu angka dimaksud adalah kartu kelipatan 4, 5 dan 9  dan kartu angka yang lain seperti contoh di bawah ini.

 
Kartu Kelipatan 4

Kartu Kelipatan 5
Kartu kelipatan 9

 Kartu angka 4, 5,9 dan  +32 serta -32

Kartu angka 0-9

Ketiga kita padukan kedua pendekatan ini dengan latihan menentukan derajat salah satu skala thermometer tertentu dan diketahui  angka derajat  thermometer yang lain, baik secara berkelompok maupun individual.
Simpulan
Untuk mengerjakan soal perbandingan skala thermometer pengetahuan yang harus dan atau wajib dimiliki anak/siswa adalah :
  1. Hafal  angka perbandingan skala  tiga thermometer(C : R: F).
  2. Menguasai perkalian /pembagian  kelipatan 4, 5 dan 9.
  3. Menguasai teknik operasi perkalian pecahan biasa dengan bilangan utuh.
  4. Menguasai operasi penjumlahan dan pengurangan
Saran
Laksanakan Pembelajaran  yang aktif, kreatif, efektif  dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar