Kamis, 21 April 2011

PERKALIAN DALAM NYANYIAN


PERKALIAN   DALAM NYANYIAN UNTUK KELAS II-III
OLEH
SYUKUR, S.Pd

     Salah satu tujuan  Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar adalah memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep  atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien dan tepat, dalam pemecahan masalah.(Permendiknas No 22 Th 2006 tentang Standar Isi satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Ruang lingkup Mata pelajaran yang satu ini sebenarnya hanya  tiga yakni; bilangan, Geometri dan Pengukuran, serta pengolahan data.
     Dari ke tiga aspek Matematika seperti yang telah diuraikan di atas  hanya satu aspek saja yang ingin kami bahas  pada tulisan ini yakni aspek bilangan. Pada aspek bilangan ini terdapat materi   hitung perkalian. Materi ini  disuguhkan kepada peserta didik  mulai sejak  kelas II semester 4 – hingga  kelas VI semester XII.  Sementara beban perkalian yang harus terkuasai siswa sekolah Dasar dari Kelas I hingga Kelas VI  sedikitnya  29  macam perkalian selengkapnya seperti tertulis di bawah ini.
MACAM - MACAM PERKALIAN DAN PENERAPANNYA
(Hasil identifikasi perkalian oleh penulis)
No

Jenis Perkalian
Contoh
Penerapan
1
Perkalian dasar
2 x 1 sampai 9 x 9 
Luas persegi/persegi Pj
2
Perkalian  bertingkat 
2 x 3 x 6
Mencari Volume balok
3
Perkalian lanjutan
Dua angka kali satu angka
Dua angka  kali dua angka
Tiga angka kali dua angka
23 x 4
23 x 45
345 x 65

4
Perkalian bilangan desimal
dengan  bilangan asli
5  x 3,4
76 x 3,45  dsb

5
Perkalian bilangan desimal
dengan  bilangan desimal
1, 2 x  3, 67 dsb

6
Perkalian bilangan desimal
Satu angka dibelakang koma dengan kelipatan  10
6,1 x 10
Antar satuan panjang
7
Perkalian bilangan desimal
Satu angka dibelakang koma dengan kelipatan  100
6,1 x 100
Antar satuan panjang
8
Perkalian bilangan desimal
Satu angka dibelakang koma dengan kelipatan  1000
6,1 x 1000
Antar satuan panjang
9
Perkalian bilangan desimal
dua  angka dibelakang koma dengan kelipatan  10
6,23 x 10
Antar satuan panjang
10
Perkalian bilangan desimal
dua  angka dibelakang koma dengan kelipatan  100
6,23 x 100
Antar satuan panjang
11
Perkalian bilangan desimal
dua  angka dibelakang koma dengan kelipatan  1000
6,23 x 1000
Antar satuan panjang
12
Perkalian bilangan desimal
tiga  angka dibelakang koma dengan kelipatan  10
6,345 x 10
Antar satuan panjang
13
Perkalian bilangan desimal
tiga  angka dibelakang koma dengan kelipatan  100
6,345 x 100
Antar satuan panjang
14
Perkalian bilangan desimal
tiga  angka dibelakang koma dengan kelipatan  1000
6,345 x 1000
Antar satuan panjang
15
Perkalian pecahan biasa dengan bilangan  asli
½ x 10

16
Perkalian pecahan biasa dengan bilangan  asli menggunakan kurung
½  x  3 x (10 + 15 )
Luas trapesuim
17
Perkalian pecahan campuran dengan bilangan  asli
1 ½  x 5

18
Perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa
 x  

19
Perkalian pecahan campuran dengan pecahan biasa
3  x

20
Perkalian pecahan campuran dengan pecahan  campuran
4  x 3
    

21
Perkalian  pecahan biasa dengan bilangan asli
x 7 x 7
Luas lingkaran
22
Perkalian  bilangan desimal dua angka dibelakang koma dengan bilangan asli
3,14 x 10 ( d )
Keliling lingkaran
23
Perkalian  bilangan decimal dua angka dibelakang koma dengan  dua kali bilangan asli
3,14 x 5 x5
Luas lingkaran
24
Perkalian  pecahan biasa dengan  %
½ x 100 % =

25
Perkalian bersusun pendek
Jelas

26
Perkalian bersusun  panjang
Jelas

27
Perkalian pecahan biasa kali kelipatan 10
 x 10
Antar satuan panjang
28
Perkalian pecahan biasa kali kelipatan 100
x 100
Antar satuan panjang
29
Perkalian pecahan biasa kali kelipatan 1000
x 1000
Antar satuan panjang





     Kita sadari bersama bahwa untuk menguasi 29 macam perkalian ini adalah perkalian   dasar (2 x1 s/d 2x 9 hingga 1 x 9  s/d 9 x 9) harus terkuasai. Pengalaman di lapangan jika siswa belum menguasai perkalian dasar maka akan mengalami kesulitan pada model perkalian  berikutnya.
     Banyak metode untuk membuat siswa mengusai operasi perkalian dasar salah satu  misalnya adalah dengan menggunakan jari tangan yang kemudian dikenal dengan jarimatika. Maka berikut ini cara/teknik lain untuk mengusai operasi perkalian dasar untuk siswa kelas II-III Sekolah Dasar. Teknik dimaksud adalah bahwa perkalian diubah menjadi lirik lagu dan dinyanyikan seperti lagu Pelangi-pelangi seperti  lirik di bawah ini.
PERKALIAN DUA
Dua kali satu sama dengan dua
Dua kali dua sama dengan empat
Dua kali tiga sama dengan enam
Dua kali empat  iya delapan

Dua kali lima isinya sepuluh
Dua kali enam ada duabelas
Dua kali tujuh ada empatbelas
Du kali dlapan  ya enambelas

Dua kali Sembilan ada dlapanbelas
Dua kali sepuluh ada duapuluh
Kini aku bias hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan

PERKALIAN TIGA
Tiga kali satu sama dengan tiga
Tiga kali dua sama dengan enam
Tiga  kali tiga  isinya sembilan
Tiga kali empat  ya duabelas

Tiga kali lima ada limabelas
Tiga kali enam ada dlapanbelas
Tiga kali tujuh ada ada dua satu
Tiga  kali dlapan   ya dua empat

Tiga kali Sembilan ada dua tujuh
Tiga kali sepuluh ada tigapuluh
Kini aku bisa hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan


PERKALIAN EMPAT
Empat kali satu sama dengan empat
Empat kali dua isinya delapan
Empat kali tiga  ada duabelas
Empat kali empat ya enambelas

Empat kali lima ada duapuluh
Empat kali enam ada dua empat
Empat kali tujuh ada dua dlapan
Empat  kali  dlapan   ya tiga dua

Empat kali Sembilan ada tiga enam
Tiga kali sepuluh ada empat puluh
Kini aku bisa hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan

PERKALIAN LIMA
Lima kali satu sama dengan lima
Lima kali dua isinya sepuluh
Lima kali tiga  ada limabelas
Lima kali empat ya duapuluh

Limakali lima ada dua lima
Lima  kali enam ada tiga puluh
Lima  kali tujuh ada  tiga lima
Lima  kali  dlapan   ya empat puluh

Lima kali Sembilan ada empat lima
Lima kali sepuluh ada lima puluh
Kini aku bisa hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan

Dan sebagainya……

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar