PERKALIAN DALAM NYANYIAN UNTUK KELAS II-III
OLEH
SYUKUR, S.Pd
Salah satu tujuan Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar adalah memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien dan tepat, dalam pemecahan masalah.(Permendiknas No 22 Th 2006 tentang Standar Isi satuan Pendidikan Dasar dan Menengah). Ruang lingkup Mata pelajaran yang satu ini sebenarnya hanya tiga yakni; bilangan, Geometri dan Pengukuran, serta pengolahan data.
Dari ke tiga aspek Matematika seperti yang telah diuraikan di atas hanya satu aspek saja yang ingin kami bahas pada tulisan ini yakni aspek bilangan. Pada aspek bilangan ini terdapat materi hitung perkalian. Materi ini disuguhkan kepada peserta didik mulai sejak kelas II semester 4 – hingga kelas VI semester XII. Sementara beban perkalian yang harus terkuasai siswa sekolah Dasar dari Kelas I hingga Kelas VI sedikitnya 29 macam perkalian selengkapnya seperti tertulis di bawah ini.
MACAM - MACAM PERKALIAN DAN PENERAPANNYA
(Hasil identifikasi perkalian oleh penulis)
No | Jenis Perkalian | Contoh | Penerapan |
1 | Perkalian dasar | 2 x 1 sampai 9 x 9 | Luas persegi/persegi Pj |
2 | Perkalian bertingkat | 2 x 3 x 6 | Mencari Volume balok |
3 | Perkalian lanjutan Dua angka kali satu angka Dua angka kali dua angka Tiga angka kali dua angka | 23 x 4 23 x 45 345 x 65 | |
4 | Perkalian bilangan desimal dengan bilangan asli | 5 x 3,4 76 x 3,45 dsb | |
5 | Perkalian bilangan desimal dengan bilangan desimal | 1, 2 x 3, 67 dsb | |
6 | Perkalian bilangan desimal Satu angka dibelakang koma dengan kelipatan 10 | 6,1 x 10 | Antar satuan panjang |
7 | Perkalian bilangan desimal Satu angka dibelakang koma dengan kelipatan 100 | 6,1 x 100 | Antar satuan panjang |
8 | Perkalian bilangan desimal Satu angka dibelakang koma dengan kelipatan 1000 | 6,1 x 1000 | Antar satuan panjang |
9 | Perkalian bilangan desimal dua angka dibelakang koma dengan kelipatan 10 | 6,23 x 10 | Antar satuan panjang |
10 | Perkalian bilangan desimal dua angka dibelakang koma dengan kelipatan 100 | 6,23 x 100 | Antar satuan panjang |
11 | Perkalian bilangan desimal dua angka dibelakang koma dengan kelipatan 1000 | 6,23 x 1000 | Antar satuan panjang |
12 | Perkalian bilangan desimal tiga angka dibelakang koma dengan kelipatan 10 | 6,345 x 10 | Antar satuan panjang |
13 | Perkalian bilangan desimal tiga angka dibelakang koma dengan kelipatan 100 | 6,345 x 100 | Antar satuan panjang |
14 | Perkalian bilangan desimal tiga angka dibelakang koma dengan kelipatan 1000 | 6,345 x 1000 | Antar satuan panjang |
15 | Perkalian pecahan biasa dengan bilangan asli | ½ x 10 | |
16 | Perkalian pecahan biasa dengan bilangan asli menggunakan kurung | ½ x 3 x (10 + 15 ) | Luas trapesuim |
17 | Perkalian pecahan campuran dengan bilangan asli | 1 ½ x 5 | |
18 | Perkalian pecahan biasa dengan pecahan biasa | x | |
19 | Perkalian pecahan campuran dengan pecahan biasa | 3 x | |
20 | Perkalian pecahan campuran dengan pecahan campuran | 4 x 3 | |
21 | Perkalian pecahan biasa dengan bilangan asli | x 7 x 7 | Luas lingkaran |
22 | Perkalian bilangan desimal dua angka dibelakang koma dengan bilangan asli | 3,14 x 10 ( d ) | Keliling lingkaran |
23 | Perkalian bilangan decimal dua angka dibelakang koma dengan dua kali bilangan asli | 3,14 x 5 x5 | Luas lingkaran |
24 | Perkalian pecahan biasa dengan % | ½ x 100 % = | |
25 | Perkalian bersusun pendek | Jelas | |
26 | Perkalian bersusun panjang | Jelas | |
27 | Perkalian pecahan biasa kali kelipatan 10 | x 10 | Antar satuan panjang |
28 | Perkalian pecahan biasa kali kelipatan 100 | x 100 | Antar satuan panjang |
29 | Perkalian pecahan biasa kali kelipatan 1000 | x 1000 | Antar satuan panjang |
Kita sadari bersama bahwa untuk menguasi 29 macam perkalian ini adalah perkalian dasar (2 x1 s/d 2x 9 hingga 1 x 9 s/d 9 x 9) harus terkuasai. Pengalaman di lapangan jika siswa belum menguasai perkalian dasar maka akan mengalami kesulitan pada model perkalian berikutnya.
Banyak metode untuk membuat siswa mengusai operasi perkalian dasar salah satu misalnya adalah dengan menggunakan jari tangan yang kemudian dikenal dengan jarimatika. Maka berikut ini cara/teknik lain untuk mengusai operasi perkalian dasar untuk siswa kelas II-III Sekolah Dasar. Teknik dimaksud adalah bahwa perkalian diubah menjadi lirik lagu dan dinyanyikan seperti lagu Pelangi-pelangi seperti lirik di bawah ini.
PERKALIAN DUA
Dua kali satu sama dengan dua
Dua kali dua sama dengan empat
Dua kali tiga sama dengan enam
Dua kali empat iya delapan
Dua kali lima isinya sepuluh
Dua kali enam ada duabelas
Dua kali tujuh ada empatbelas
Du kali dlapan ya enambelas
Dua kali Sembilan ada dlapanbelas
Dua kali sepuluh ada duapuluh
Kini aku bias hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan
PERKALIAN TIGA
Tiga kali satu sama dengan tiga
Tiga kali dua sama dengan enam
Tiga kali tiga isinya sembilan
Tiga kali empat ya duabelas
Tiga kali lima ada limabelas
Tiga kali enam ada dlapanbelas
Tiga kali tujuh ada ada dua satu
Tiga kali dlapan ya dua empat
Tiga kali Sembilan ada dua tujuh
Tiga kali sepuluh ada tigapuluh
Kini aku bisa hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan
PERKALIAN EMPAT
Empat kali satu sama dengan empat
Empat kali dua isinya delapan
Empat kali tiga ada duabelas
Empat kali empat ya enambelas
Empat kali lima ada duapuluh
Empat kali enam ada dua empat
Empat kali tujuh ada dua dlapan
Empat kali dlapan ya tiga dua
Empat kali Sembilan ada tiga enam
Tiga kali sepuluh ada empat puluh
Kini aku bisa hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan
PERKALIAN LIMA
Lima kali satu sama dengan lima
Lima kali dua isinya sepuluh
Lima kali tiga ada limabelas
Lima kali empat ya duapuluh
Limakali lima ada dua lima
Lima kali enam ada tiga puluh
Lima kali tujuh ada tiga lima
Lima kali dlapan ya empat puluh
Lima kali Sembilan ada empat lima
Lima kali sepuluh ada lima puluh
Kini aku bisa hitung perkalian
Yo ayo kawan kita lanjutkan
Dan sebagainya……
Tidak ada komentar:
Posting Komentar